Pengikut

Jumat, 29 Mei 2009

SISTEM TUMPANG LAHAN BANTU PEREKONOMIAN KELUARGA

Mungkin anda akan berpikr aneh dengan SYSTEM TUMPANG LAHAN kalau tumpang sari saya yakin anda sudah mengenal tapi kalau tumpang lahan pasti tersa aneh. Apa maksudnya tumpang lahan ?????????? maksudnya adalah dalam satu lahan kita manfaatkan untuk dua fungsi atau menghasilkan duan hal sebagai contoh pekarangan kita yang kecil atau pojok halam kita yang sempit dapat kita manfaatkan untuk kolam ikan dan diatasnya kita kasih tanaman dalam pot , selain dapat hasil dari kolam ikan minimal sebagai lauk pauk keseharian dan penunjang gizi keluarga juga sebagai hiburan disaat terasa stress.

Diatas kolam tersebut kita kasih tanaman sayur-sayuran atau yang di tanam di pot selain untuk keamana kolam agar ikan tidak loncat juga bisa menghasilkan sayur-sayuran untuk keperluan keluarga. Dengan begitu paling tidak kita bisa menghemat uang belanja untuk jatah dapur dan bisa di tabung atau digunakan untuk yang lain.

Berarti dengan system tumpang lahan seakan kita memiliki lahan yang luasnya dua kali lahan yang sebenarnya dengan begitu kita bisa memaksimalkan fungsi dari lahan/pekarangan kita yang nganggur (orang aja bosan kalo nganggur , yang kalo lahan yang nganggur yang kita yang eman….) Dari pada mubadzir yang kita siasati toh tidak butuh modal yang banyak .paling tidak untuk mengurangi pengeluaran bukan berarti kita harus memangkas semua anggarn kita, tapi paling tidak bias mensiasati untuk mendapatkan kebutuhan kita.

1 komentar:

Marianus mengatakan...

bro gak pikir bagaimana kalau orang ota pingin tanam sayur-sayuran dilahan sempit... hehehe usulan neh...

Posting Komentar

ENTRI POPULER

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra