Pengikut

Senin, 25 Mei 2009

Daun Ganda rasa untuk obat sakit pinggang

Ganda rasa adalah salah satu tanaman liar yang tumbuh di tegalan hingga hutan belantara. Sepintas tanaman yang memiliki nama latin JUSTICIA GENDARUSSA LINN itu tak ada gunanya karena sosoknya perdu, kecil dan hanya daun saja.

Tanaman Gandarasa termasuk terdaftar dalam tanaman obat Nasional daun-daunya mengandung Alkaloida tak terbang dan Kalium dalam jumlah besar.

Zat-zat ini sangat penting dalam penyembuan beragam penyakit utamanya Rematik, Sakit Pinggang, Bengkak.

Ciri tanaman ini hampirsama pada umumnya tanaman jenis perdu dengan ketinggian maksimal 2 meter, Bunga mengumpul menjadi berkas, daun-daunnya slaing berhadapan, daun berbentuk taji, tidak berbulu, tepi rata, bila di josokkan ketangan aromanya menyengat.

Cara pembuatan ramuan sangat sederhana , umtuk mengobati rematik daun Gandarasa direbus setelah mendidih airnya disaring tunggu sampai dingin dan siap diminum atau dengan cara daun gandarasa secukupnya di tamba ragi (cukup sepertiga dari ragi yang bentuknya bulat) di tambah Spertus lalu ditumbuk halus menjelang tidur digunakan sebagai param.

Untuk mengobati sakit pinggang, Daun Gandarasa ditumbukhalus dengan lada hitam dikonsumsi secara rutin dan untuk mengobati memar daun ganda rasa

0 komentar:

Posting Komentar

ENTRI POPULER

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra